phonecall
online shopping dinosaurus animation

Coming Soon !!!

calculator
15 Hal Penting Saat Membangun Rumah.pdf

Gempa dimana-mana!! Ini rahasia bangunan tahan gempa

Gempa dimana-mana!! Ini rahasia bangunan tahan gempa

               Gempa merupakan aktivitas tektonik berupa guncangan di permukaan bumi yang terjadi akibat gesekan antar lempeng bumi. Berdasarkan definisi tersebut, kita dapat tahu bahwa daerah pertemuan antar lempeng bumi lebih rentan untuk mengalami gempa. Indonesia merupakan titik pertemuan 4 lempeng aktif yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, Lempeng Filipina dan Lempeng Indo Australia. Titik pertemuan antar lempeng tersebut tersebar merata hampir di seluruh Indonesia.

Sumber: Wikimedia.com

                Pengetahuan ini selayaknya membuat kita untuk lebih bijak dalam membuat sebuah bangunan. Menurut Coburn A.W., Spence R.J.S., Pomonis A dalam Factors Determining Human Casualty Level in Earthquakes: Mortality Prediction in Building Collapse (1992), kematian saat gempa bumi 75% disebabkan oleh bangunan runtuh (structural collapse). Gempa akan sangat mempengaruhi struktur bangunan. Menurut Minke Garnot dalam Construction Manual for Earthquake-resistant Houses Built on Earth (2001), Struktur bangunan akan sangat dipengaruhi gaya horizontal yang tercipta pada saat gempa. Pengaruh gaya vertikal biasanya kurang dari 50% dari gaya horizontal. Bahaya yang muncul dari gaya horizontal ini adalah dinding dapat roboh diikuti dengan atap runtuh. Oleh karena itu bangunan tahan gempa harus dapat mencegah dinding roboh dan atap dapat ditempatkan dengan baik sehingga tidak mudah runtuh.

                Dinding seperti apakah yang tahan gempa? Sebuah penelitian tentang dampak material dinding pada bangunan dengan beton di daerah dengan aktivitas seismik (A Comparative Study of Effect of Infill Materials on Seismic Performance of Reinforced Concrete Building, Nayakar A Prakash) menunjukkan bahwa perpindahan dinding bata ringan masih lebih kecil dibandingkan dengan dinding bata merah yang disebabkan oleh bobotnya yang lebih ringan dan kepadatan yang lebih kecil dari bata merah. Saat terjadi gempa, pembengkokan dinding pada tembok dengan bata ringan lebih sedikit daripada bata merah.

Pembengkokan dinding bata merah lebih disebabkan karena beban bata merah dan ikatan semen yang kuat. Bobot bata ringan hanya 1/3 bata merah sehingga lebih resisten terhadap pembengkokan

 

Dari penelitian tersebut ditunjukkan bahwa dalam membuat bangunan  tahan gempa, jenis bata penyusun dinding dan model struktur bangunan yang dipilih sangat penting karena kedua komponen ini yang akan menentukan ketahanan bangunan terhadap gaya yang muncul karena gempa. Dari penelitian itu pula dikatakan bahwa jika bangunan tidak memperhatikan komponen pembuat dinding, analisa aktivitas seismic dan model struktur bangunan, maka bangunan tersebut kurang memperhatikan ketahanan gempa bangunan yang menyebabkan kerentanan untuk runtuh.

                Bata ringan termasuk bata yang telah banyak dipakai di India. India merupakan daerah yang rawan gempa, terutama India bagian utara, padahal India hanya memiliki 1 titik pertemuan lempeng tektonik. Jumlah ini masih lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia yang merupakan tempat pertemuan 4 lempeng tektonik yang masih aktif. Oleh karena itu sudah seyogyanya kita menerapkan sistem bangunan tahan gempa demi keselamatan keluarga dan biaya jangka panjang. 

Produk Bata Ringan

Terdapat berbagai macam ukuran bata ringan yang menyesuaikan kebutuhan anda

 

Stokis BLESSCON

Online Shop BLESSCON Akan Segera Hadir