phonecall
online shopping dinosaurus animation

Coming Soon !!!

calculator
15 Hal Penting Saat Membangun Rumah.pdf

Ini Dia Tips Menghadapi Musim Hujan Agar Tembok Rumah Tidak Lembab Dan Berjamur

Ini Dia Tips Menghadapi Musim Hujan Agar Tembok Rumah Tidak Lembab Dan Berjamur

Ini Dia Tips Menghadapi Musim Hujan Agar Tembok Rumah Tidak Lembab Dan Berjamur

Memasuki musim penghujan membuat tembok dan dinding rumah menjadi rawan berjamur. Akibat terguyur air hujan terus-menerus, dinding menjadi lebih lembab. Tanpa persiapan dan penanganan yang tepat, tembok dan dinding rumah menjadi mudah untuk berjamur.

Tembok dan dinding rumah yang berjamur ini membuat pemandangan menjadi kurang sedap dipandang. Warna dinding tidak lagi cerah dan jika dibiarkan akan membuat dinding semakin terkikis dan rusak.

Seringkali jamur juga menimbulkan bau yang kurang sedap. Belum lagi jika ada anggota keluarga ataupun relasi yang memiliki alergi tertentu. Alergi tersebut bisa terpicu ketika sedang bertamu atau menginap di rumah kita.

Berikut cara unuk mengatasi tembok dan dinding rumah yang lembab dan berjamur.

1. Memeriksa atap rumah

Periksa atap rumah Anda apakah ada yang pecah atau hanya retak. Segera ganti bagian atap rumah atau genteng yang pecah arau rusak. Genteng yang pecah menyebabkan air hujan merembes dan mengalir ke dinding rumah. Jika dibiarkan, aliran air rembesan ini akan membuat dinding rumah lembab dan berjamur.

2. Memeriksa talang rumah

Cek apakah ada kerusakan atau kebocoran pada talang rumah. Talang yang dibiarkan rusak/bocor dapat menjadi jalan masuk air hujan menuju dinding yang akan mengakubatkan dinding menjadi lembab. Jika terjadi kerusakan pada talang air, Anda bisa menambal talang yang bocornya tidak terlalu parah. Jika sudah terlalu tua, segera ganti dengan yang baru.

3. Jangan tunda membersihkan air banjir

Apabila rumah Anda berada pada kawasan yang rawan banjir, segera bersihkan bekas genangan air banjir sesegera mungkin setelah banjir surut sehingga dinding tidak lembab dan jamur tidak mendekat.

4. Menyemprot dengan cairan anti jamur

Jika dinding Anda masih dalam tahap berjamur di awal dan jumlahnya masih sedikit, dapat dihilangkan dengan menggunakan campuran cuka dan air. Namun apabila sudah sangat banyak dan mengganggu, maka langkah paling cepat adalah dengan menggunakan cairan anti jamur atau fungisida yang banyak dijual di pasaran.

5. Lindungi dinding dengan cat waterproof atau wallpaper

Untuk dinding yang belum terkena jamur, Anda dapat melindungi dengan cat waterproof yang tahan air dari rembesan air hujan. Dinding yang sudah terlanjur terkena jamur, Anda dapat membersihkannya, kemudia memasang wallpaper sebagai ganti mengecat ulang.

Itulah beberapa cara mencegah tembok agar tidak berjamur. Mayoritas bangunan rumah dibangun dari bata merah yang terbuat dari top soil tanah yang banyak mengandung unsur hara. Bahan dasar tanah memang memiliki sifat korosif dan menyebabkan bangunan mudah berjamur dan berlumut.

Bata ringan terbuat dari pasta aluminium dan pasir silika yang tahan pada suhu rendah maupun tinggi sehingga jamur dan lumut enggan menempel. Jadi, kapan beralih ke bata ringan?

Produk Bata Ringan

Terdapat berbagai macam ukuran bata ringan yang menyesuaikan kebutuhan anda

 

Stokis BLESSCON

Online Shop BLESSCON Akan Segera Hadir