phonecall
online shopping dinosaurus animation

Coming Soon !!!

calculator
15 Hal Penting Saat Membangun Rumah.pdf

MITOS atau FAKTA: Bata Ringan mudah Hancur

MITOS atau FAKTA: Bata Ringan mudah Hancur

Bata ringan AAC (Aerated Autoclaved Concrate) hadir sebagai solusi bagi anda yang ingin membangun rumah dengan waktu singkat dan hemat biaya. Pengerjaan dengan bata ringan bisa dilakukan minimal 3 kali lebih cepat dan rapi karena dimensinya yang lebih besar dan presisi daripada bata merah. Dengan dimensi yang lebih besar, maka untuk luasan bangunan yang sama, waktu pengerjaan yang dibutuhkan juga lebih sedikit.

Sekalipun bata ringan memiliki banyak kelebihan, sebagian masyarakat masih memilih untuk menggunakan bata merah dibanding bata ringan. Salah satu faktor yang menyebabkan pemilihan itu adalah pendapat bahwa bata ringan mudah hancur. Artikel ini akan menjelaskan karakter bata ringan dibandingkan dengan bata merah.

Bata ringan diproduksi dengan menggunakan beberapa macam bahan baku. diantaranya adalah semen, pasir silika, gypsum, kapur dan aluminium pasta. Pembuatan bata ringan dimulai dengan proses pencampuran dari semua bahan tersebut diatas untuk dijadikan adonan. Adonan yang telah terbentuk dituangkan ke dalam bejana untuk kemudian mengembang. Setelah mengering, maka bata akan dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Untuk kemudian dimasukkan ke dalam mesin autoclaved selama beberapa jam. Proses dengan mesin ini akan menghasilkan kekuatan untuk bata.

Proses produksi ini juga berlaku untuk bata ringan yang diproduksi oleh PT. Superior Prima Sukses dengan merk BLESSCON. Bata ringan BLESSCON sendiri merupakan pabrik bata ringan terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi mencapai 1 juta meter kubik setahun atau setara dengan 3.000 meter kubik per harinya.

Proses pembuatan bata merah berbeda dengan bata ringan. bata merah hanya menggunakan tanah liat yang dilebur untuk kemudian dicetak sesuai ukuran sebenarnya dan kemudian dibakar hingga berwarna merah agar mengeras.

Data tes tekan menunjukkan bahwa bata ringan masih lebih kuat dibanding dengan bata merah. Rata-rata hasil bata merah mampu menahan beban hingga 25,49 kg/cm2. Sedangkan rata-rata bata ringan mampu menahan beban hingga 40,78 kg/cm2. Jadi dapat disimpulkan bahwa bata merah akan hancur bila mendapat tekanan diatas 25,49 kg/cm2 sedangkan Bata Ringan tidak hancur bila mendapat tekanan dibawah 40,78 kg/cm2.

Produk Bata Ringan

Terdapat berbagai macam ukuran bata ringan yang menyesuaikan kebutuhan anda

 

Stokis BLESSCON

Online Shop BLESSCON Akan Segera Hadir