5 Tips Transaksi Online Aman Bahan Bangunan

Pada masa Covid-19 ini, begitu banyak usaha yang dipaksa menjadi online untuk mensukseskan program physical distancing. Keadaan ini semata-mata untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Hampir semua barang sekarang online, mulai dari belanja sehari-hari hingga bahan bangunan. Keadaan yang seperti ini terkadang digunakan oknum-oknum tertentu untuk melakukan penipuan. Apalagi belanja bahan bangunan biasanya tidak murah. Berikut 5 tips transaksi online bahan bangunan yang aman.

Pastikan penjual dapat dipercaya

Cara memastikan penjual bahan bangunan yang aman dapat dilakukan dengan beberapa hal. Anda dapat mulai cek keberadaan fisik toko/kantornya. Mayoritas toko bahan bangunan, sekalipun menjua online, selalu punya bangunan fisik untuk menjual produk-produknya. Selalu cek identitas toko dengan lengkap, untuk ini Anda dapat menggunakan Google atau Facebook. Pastikan tempat Anda akan melakukan transaksi tidak memiliki catatan buruk. Memang akan lebih aman jika Anda membeli dari toko yang telah Anda kenal.

Pelajari kebijakan penjual yang berlaku

Setiap toko memiliki kebijakan pembayaran, transaksi, dan retur sendiri-sendiri. Seringkali pembeli kecewa dengan penjual untuk hal-hal yang sudah jelas tertulis di kebijakan penjual. Biasanya penjual tidak akan melayani komplain atau gugatan untuk hal-hal yang telah ditentukan di kebijakan mereka. Oleh karena itu pastikan Anda telah membaca kebijakan yang berlaku dan memilih penjual yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

Pastikan barang wajar

Jangan tergiur barang yang tidak wajar. Dibilang wajar adalah barang sama dengan yang ada di pasar baik dari segi harga maupun kualitas. Sering kali calon pembeli kalap melihat barang yang dijual di bawah harga wajar. Lebih bijak jika pembeli membanding-bandingkan produk dan harga antar penjual sebelum membuat keputusan final.

Pilih cara pembayaran paling aman

Setiap penjual tentu memiliki kebijakan sendiri-sendiri. Meskipun begitu, pembeli tetap berhak untuk memilih cara pembayaran transaksi online yang paling aman. Ada banyak metode pembayaran, misalkan Cash on Demand atau melalui jasa pihak ketiga. Akan lebih baik jika pembayaran dilakukan ke rekening perusahaan. Contohnya: jika Anda membutuhkan bata ringan, tentu Anda akan membeli dari Blesscon. Transaksi Anda akan dibayar ke rekening PT Superior Prima Sukses. Rekening tujuan yang menggunakan nama perusahaan juga memudahkan Anda untuk menyelidiki rekam digital keamanan transaksinya.

Simpan bukti diskusi dan transaksi

Sekalipun semua sudah dilakukan, kadang resiko penipuan selalu masih ada, dan kita harus siap untuk itu. Selalu rekam percakapan di aplikasi chat ataupun telepon sebagai bukti. Jangan lupa untuk menyipan bukti transaksi. Dua hal ini biasanya sudah cukup bagi pihak berwenang untuk melakukan pemblokiran rekening dan melanjutkan ke proses hukum.

Bata ringan Blesscon memenuhi ke lima syarat transaksi online bahan bangunan. Kapanpun Anda membutuhkan bata ringan, Anda bisa membeli melalui distributor bata ringan Blesscon atau bahkan melalui toko online Blesscon untuk bertransaksi langsung dari pabrik.

0 Shares
Share via
Copy link