Apa itu hebel? Serba serbi hebel: bahan, jumlah, berat

Jika Anda melihat orang yang sedang membangun, Anda akan melihat 2 macam dinding yang masih dalam proses. Dinding tersebut dapat berupa bata merah dengan ukuran yang kecil atau bata putih yang lebih besar. Bagi Anda yang pertama kali tahu bata putih itu, akan muncul berbagai macam pertanyaan tentang bata seperti Apa yang dimaksud dengan hebel? Hebel terbuat dari apa? Berapa jumlah bata ringan dalam 1 kubik? Isi bata ringan per m3 brapa? Semua akan dibahas di sini!

Sebenarnya apa sih bata putih itu?

Bata putih yang sering Anda lihat sebenarnya adalah bata ringan. Masyarakat di Jawa Barat dan Jawa Tengah lebih mengenal bata tersebut dengan hebel. Namun mayoritas penduduk Indonesia mengenalnya sebagai bata ringan. Bata ringan adalah inovasi bahan bangunan yang cukup baru untuk membuat dinding. Bata ringan sebenarnya dapat dikategorikan sebagai beton ringan. Dimensi bata ringan umumnya panjang 60 cm dengan tinggi 20 cm. Ketebalan bata ringan bervariasi antara 7,5 cm sampai dengan 20 cm. Permukaan bata ringan halus dengan pori-pori kecil. Bentuk antar hebel presisi dan cenderung identik.

Apa yang dimaksud Hebel? Mengapa disebut Hebel? 

Hebel sebenarnya adalah nama merk dagang yang pertama kali ada di Indonesia. Sama seperti kita yang lebih mengenal Air Minum Dalam Kemasan sebagai Aqua. Bata ringan pertama di Indonesia diproduksi oleh PT Hebel Indonesia pada 1995 di Jawa Barat. Penjualan bata ringan saat itu hanya meliputi Jawa Barat dan Jawa Tengah karena pengaruh biaya ekspedisi. Pada tahun-tahun itu masyarakat yang masih belum mengenal bata ringan, mengasosiasikan bata putih tersebut dengan Hebel. Itulah sebabnya nama Hebel lebih populer di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sayangnya sekitar beberapa tahun silam, PT Hebel Indonesia bangkrut. Setelah itu baru bermunculan beberapa merk baru banyak merk lain, salah satunya bata ringan Blesscon. Masyarakat yang sudah terbiasa dengan nama Hebel tetap lebih mudah mengingat bata ringan dengan nama itu sampai hari ini. 

Apa bahan hebel? Bata ringan terbuat apa?

Hebel sangat berbeda dengan bata merah. Jika bata merah hanya terdiri dari tanah liat yang dibakar dengan suhu tinggi, bata ringan terdiri dari banyak bahan baku.  Adonan bata ringan umumnya terdiri dari pasir silika, semen, kapur, sedikit gypsum, air, dan alumunium pasta. Bahan-bahan ini dicampur kemudian dipanaskan dengan mesin autoclave pada suhu dan waktu yang telah ditentukan. 

Kadang muncul dibenak kita: “kalau dengan tanah liat saja bisa membentuk bata, kenapa harus menggunakan bermcam-macam bahan baku?” Bermacam-macam bahan baku ini membuat hebel memiliki banyak karakter yang tidak dimiliki bata merah. Pasir silika membuat bata ringan lebih tahan terhadap api, bahkan 2x lebih lama dibandingkan bata merah. Semen membentuk kekuatan bata ringan. Tahukah Anda bahwa bata ringan 2-3x lebih kuat dari bata merah? Aluminim pasta membentuk gelembung-gelembung kecil yang membuat berat hebel lebih ringan. Jadi jika Anda membandingkan berat dinding per m2 antara bata merah dan bata ringan, Anda akan mendapat bahwa berat dinding bata ringan hanya 30% dari dinding bata merah.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan bata ringan yang bagus?

Untuk mendapatkan bata ringan yang bagus, Anda harus mengetahui merk bata ringan yang direkomendasikan masyarakat Indonesia. Blesscon adalah salah satu merk bata ringan yang direkomendasikan masyarakat Indonesia. Lihat review salah satu web tentang bata ringan di sini.

Anda bisa mendapatkan Blesscon di toko bangunan terdekat ataupun dari pabrik. Yang perlu Anda ketahui, pembelian langsung dari pabrik pada umumnya mengharuskan pembeli untuk membeli di atas jumlah minimal. Pada umumnya dalam 1 rit (istilah tukang untuk menunjukkan 1 kali perjalanan), pembeli harus membeli minimal 10,8 kubik atau 14,4 kubik hebel. Alasan mengapa lebih disarankan untuk membeli di atas pembelian minimal dijelaskan pada artikel ini

Berapa isi per m3 bata ringan?

Pertanyaan ini menjadi pertanyaan yang paling sering ditanyakan ketika seseorang akan membeli bata ringan. Dengan mengetahui jumlah bata ringan per kubik, orang berharap untuk tahu jumlah yang harus dibeli. Jumlah hebel 1 kubik dipengaruhi juga oleh ketebalan bata ringan yang diinginkan. Coba lihat tabel di bawah ini

Dimensi BataJumlah per kubikLuas Dinding (m2)
60 x 20 x 10 cm8310
60 x 20 x 7,5 cm11113,33

Dengan informasi ini, Anda dapat menghitung sendiri jumlah hebel yang dibutuhkan untuk pembangunan Anda. Jangan hitung manual karena kami telah menyediakan kalkulator yang lebih mudah dan bisa diakses di sini.

Nah, itu tadi serba serbi bata ringan untuk Anda yang perlu Anda ketahui. Mungkin Anda mulai berpikir untuk membuat hebel dengan bahan bata ringan sendiri, tapi lebih mudah untuk membeli dengan merk yang terbukti berkualitas. Tak perlu bingung hebel terbuat dari apa, barang akan sampai di tempat Anda dengan tepat waktu.

Jika Anda masih mempunyai pertanyaaan yang masih belum terjawab, Anda dapat menghubungi kami.

0 Shares
Share via
Copy link