Apa itu Virus Corona? Mengapa Begitu Berbahaya?

Jika mendengar nama Corona, mungkin Anda sudah tidak asing lagi. Virus corona menghiasi berbagai macam media massa di dunia. Virus ini sempat memiliki banyak nama. seperti Corona, Wuhan Coronvirus, dan banyak lainnya. Kemampuan daya tular yang sangat tinggi menjadi perhatian dunia saat ini. Virus ini terdeteksi pada Desember 2019 dan sudah menjadi pandemi global pada Maret 2020. Indonesia pun sudah menjadi negara darurat Corona per Maret 2020.

Saat pertama kali terdeteksi, virus corona masih belum memiliki nama. Virus ini dikenal dengan nama Wuhan Coronavirus atau wuhan virus, sesuai dengan nama tempat pertama kali virus tersebut terdeteksi. Virus ini pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, propinsi Hubei, Cina pada Desember 2019. Penamaan virus baru ini menjadi penting untuk identifikasi dan pengangannya. Orang awam lebih mengenal dengan nama Corona. Praktisi dunia medis sempat kesulitan memberikan nama sebelum akhirnya disetujui kode virus 2019-ncov.

Apa itu Virus Corona sebenarnya?

Coronavirus sebenarnya adalah sekelompok virus yang menyerang mamalia dan unggas. Dampak coronavirus pada korbannya dapat bermacam-macam. Pada manusia dan unggas, coronavirus menyerang saluran pernapasan. Pada sapi dan babi, coronavirus menyerang saluran pencernaan. Coronavirus yang mampu menyerang manusia mendapatkan perhatian khusus.

Jadi sebenarnya coronavirus ada tipe apa saja?

Coronavirus pertama kali ditemukan pada 1960. Temuan pertama corona diidentifikasi sebagai virus bronchitis yang menular, yang kemudian dikeknal sebagai human coronavirus 229E and human coronavirus OC43. Beberapa jenis lain yang masih sejenis dengan ini adalah SARS-CoV pada 2003, HCoV NL63 pada 2004, HKU1 pada 2005, MERS-CoV pada 2012, and SARS-CoV-2 (awalnya dikenal sebagai 2019-nCoV) pada 2019. Mayoritas coronavirus ini mengakibatkan infeksi saluran napas yang berbahaya. Indonesia lebih mengenal SARS-CoV-2 sebagai Covid-19 sebagaimana diberitakan secara konsisten oleh pemerintah Indonesia.

Mengapa Covid-19 sangat berbahaya?

Covid-19 memiliki kemampuan penularan yang sangat luar biasa. Menurut data yang disajikan Business Insider Singapore, Covid-19 memiliki daya tular jauh lebih tinggi dari flu biasa, namun lebih rendah dari Sars-CoV yang sempat menular pada tahun 2003. Kecepatan tular virus itu hingga Ro (satuan yang digunakan) adalah 2 -2,5, artinya 1 orang dengan Covid-19 mampu menulari 2,2 orang dalam waktu singkat. Sekalipun daya tular masih lebih rendah daripada SaRS, pandemi global dan tingginya tingkat kematian menjadi perhatian khusus.

WHO telah menaikkan status Covid-19 sebagai pandemi. Artinya, Covid-19 dikategorikan sebagai penyakit menular yang telah menyebar ke berbagai negara bahkan benua, dengan jumlah korban yang melonjak tinggi. Penyakit yang dikategorikan sebagai pandemi umumnya belum dapat dikendalikan. Anda pun perlu waspada terhadap penyakit ini.

0 Shares
Share via
Copy link