phonecall
online shopping dinosaurus animation

Coming Soon !!!

calculator
15 Hal Penting Saat Membangun Rumah.pdf

Terpikir Punya Rumah Pintar? Simak Bisakah Rumah Pintar Diterapkan di Indonesia?

19 Jul 2017
Terpikir Punya Rumah Pintar? Simak Bisakah Rumah Pintar Diterapkan di Indonesia?

Terpikir Punya Rumah Pintar? Simak Bisakah Rumah Pintar Diterapkan di Indonesia?

 

Rumah Pintar atau yang sering dikenal sebagai smart house adalah sebuah konsep rumah yang dilengkapi dengan pengendalian peralatan rumah tangga jarak jauh melalui remote control (nirkabel). Ciri khas smart house seperti ini adalah pagar, pintu, jendela rumah dapat dibuka tutup hanya dengan menekan remote control. Tidak hanya itu, penghuni rumah dapat menyalakan perangkat TV, radio, komputer, AC, dispenser, kulkas, dan lain-lain hanya dengan menggunakan smartphone mereka.

 

Pengembangan konsep smart house ini berawal dari penemuam remote control oleh Nicola Tesla tahun 1898, dan penemuan berbagai peralatan rumah tangga elektronik pada tahun 1900-an. Seiring berkembangnya teknologi, konsep smart house mulai digunakan di Belanda untuk membantu para lansia agar hidup mereka menjadi lebih mudah dan nyaman.

 

Sejak tahun 2000an, konsep smart house mulai dikembangkan juga di Indonesia. Meski belum semua pengembang perumahan mengaplikasikan konsep ini dalam program pembangunan perumahan mereka, tetapi teknologi smart house sudah mulai banyak digunakan.

 

Meski demikian, banyak perusahaan mulai memikirkan konsep ini. Alat-alat rumah tangga didesain sedemikian rupa dilengkapi dengan perangkat dan sistem berbasis internet.

 

Misalnya rumah pintar milik Mitsubishi Electric. Mereka menciptakan pintu baja ramping dimana pintu tersebut memiliki kamera biometrik yang dapat mengkonfigurasi untuk mengenali wajah anggota keluarga saat mereka pulang. Jika anggota keluarga yang sudah didaftarkan mendekati pintu, gagang pintu otomatis berubah menjadi biru sebagai tanda telah mengenali orang tersebut. Tanpa perlu kunci atau gembok, pintu tersebut sudah terkesan aman.

 

Perangkat berbasis internet ini juga mulai banyak diadopsi pada perangkat televisi. TV pintar saat ini sudah terkoneksi dengan internet dan mampu mempelajari kebiasaan penggunanya saat menyaksikan koten tertentu. Misalnya TV pintar milik Samsung mampu membuat TV pintar juga terhubung dengan ponsel dan tablet yang menyimpan konten tertentu.

 

Di masa depan, konsep rumah pintar akan semakin marak, mengingat dengan perkembangan teknologi otomatis mengubah gaya hidup sebuah keluarga, maka smart house akan menjadi sebuah kebutuhan. Konsep rumah pintar sendiri membuat rumah menjadi aman, nyaman, dam efisien dengan bantuan teknologi masa kini.

Konsep rumah pintar tidak hanya mendukung gaya hidup yang lebih praktis, aman, dan nyaman, tetapi juga membantu dalam penggunaan listrik, gas, dan sebagainya lebih efisiem karena rumah akan menyesuaikan dengan jadwal dan kebiasaan pemilik rumah.

 

Untuk menerapkan rumah pintar di Indonesia saat ini memang masih cocok diterapkan di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, sebab kondisi infrastuktur di kota besar dan ketersediaan tipe teknologi yang digunakan 

Produk Bata Ringan

Terdapat berbagai macam ukuran bata ringan yang menyesuaikan kebutuhan anda

 

Stokis BLESSCON

Online Shop BLESSCON Akan Segera Hadir