Merasa tidak enak badan? Jangan panik dulu, ini dia ciri-ciri Covid-19

Covid19 telah menjadi pandemi global yang telah menjadi perhatian khusus. Kecepatan dan daya tular yang sangat tinggi menjadi faktor utama bahaya Covid19. Hanya dalam waktu 3 bulan, Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara di dunia. Per 20 Maret 2020, terdapat 191.127 kasus positif Covid-19 terkonfirmasi secara global. Di Indonesia sendiri terdapat 227 kasus positif dari 14 propinsi dan 1.592 orang dalam pengawasan. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera datangi pusat kesehatan yang telah ditunjuk pemerintah untuk penanganan Covid-19. Berikut gejala-gejala Covid19 berdasarkan rilis resmi WHO

Covid-19 yang menimbulkan banyak gejala Covid-19

Gejala-gejala Covid-19

Demam

Demam memang menjadi pertanda umum ketika seseorang sakit karena virus. Terkadang flu pun bisa menimbulkan demam. JIka Anda mengalami demam di atas suhu 37,5 0C, segera pantau kesehatan Anda, lakukan isolasi diri atau periksakan ke dokter terdekat dari tempat tinggal Anda.

Kelelahan

Gejala kelelahan yang terdapat pada Covid 19 didefiniskan sama seperti ketika Anda terkena flu. Yang membedakan adalah tingkat kelelahannya. Pada Covid-19 penderita terkadang kelelahan, tetapi tidak mendominasi seperti flu

Batuk Kering

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai batuk kering pada Covid-19. Jika mengalaminya, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter Anda atau menggunakan aplikasi dokter yang sudah ada.

Gejala Covid-19 dengan status darurat

  1. Kesulitan bernafas atau sesak nafas
  2. Nyeri atau tekanan yang menetap di dada
  3. Kebingungan atau ketidakmampuan untuk fokus (light headed)
  4. Bibir atau wajah kebiru-biruan

Gejala lain

Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan mulai secara bertahap. Beberapa orang dilaporkan mengalami pneumonia (kesulitan bernapas).

Perhatian Khusus terhadap gejala Covid-19

Beberapa orang menjadi terinfeksi tetapi tidak mengembangkan gejala apa pun dan merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang mendapatkan COVID-19 sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas. Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis yang mendasari seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit serius. Orang dengan demam, batuk dan kesulitan bernapas harus mencari perhatian medis.

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi konsultasi kesehatan yang telah ada atau pusat pelayanan kesehatan terdekat di tempat Anda.

Tetap lakukan social distancing, berdasarkan update terbaru, virus ini dapat menjangkit masyarakat usia produktif bahkan tanpa gejala.

Mari bersatu padu menghentikan laju Covid-19. Jaga kesehatan Anda, jaga kesehatan lingkungan Anda

0 Shares
Share via
Copy link