Mengapa api bangunan sebelah bisa menembus dinding hingga menyeberang?

Pada dasarnya dinding bangunan dapat merambatkan panas api yang membara. Dinding bata merah yang nampaknya padat, dapat meneruskan panas api dari sisi luar ke sisi dalam dengan sangat cepat karena pori-pori bata merah lebih sedikit dan rapat.

Bata ringan AAC diproses dengan teknologi canggih. Bata ringan seperti BLESSCON dibentuk dengan jutaan pori yang tidak saling terhubung dan dikeraskan dengan uap air bertekanan tinggi sehingga mampu memutuskan api dan menghambat panas dengan baik. Suatu benda dengan banyak pori menghambat panas dengan lebih baik.

Bata ringan AAC telah lulus Uji Ketahanan Api dengan semburan api besar selama 4 jam hingga suhu lebih dari 1.000 0C, jauh lebih lama dan panas dibandingkan api sebuah kebakaran di dunia nyata. Suhu di sisi luar dinding bata ringan hanya mencapai 85 0C dan tidak retak. Berbeda dengan bata merah konvensional yang ketahanannya rata-rata hanya di bawah 2 jam. Ketika bata merah terbakar panas akan merambat dengan lebih cepat sehingga suhu di permukaan luarnya mencapai 400 0C. Dengan demikian perabot di dalam sebuah rumah yang terbakar akan terbakar dengan sendirinya. 

Selain pori, penyebab bata ringan lebih tahan panas daripada bata merah adalah bahan dasarnya. Bata merah umumnya memiliki bahan dasar berupa tanah liat, sedangkan untuk bata ringan salah satu bahannya menggunakan pasir silika. Pasir ini memiliki sifat tahan api yang baik. Inilah sebabnya bata ringan lebih tahan api daripada bata merah konvensional. Di berbagai negara maju, penggunaan material beton ringan aerasi semacam BLESSCON dapat mengurangi biaya premi asuransi kebakaran, serta direkomendasikan untuk penyekat ruang-ruang pengolahan dan penyimpanan data seperti ruang komputer dan ruang arsip. 

Karna bata ringan merupakan bahan bangunan penghantar panas yang buruk, ruangan Anda akan lebih sejuk dan hemat listrik. Udara dari luar yang panas akan tertahan dengan baik  dan udara sejuk dari dalam akan tertahan dengan baik oleh bata ringan. Panas lingkungan yang dihantarkan hanya 1/5 dari panas yang dihantarkan bata merah. Nyaman kan? Kalau diberi pilihan, Anda mau pilih bata merah atau BLESSCON?

Share via
Copy link