MENGENAL BATA RINGAN BLESSCON DARI 10 KARAKTERISTIKNYA

Bata ringan menawarkan berbagai keuntungan dari karakteristiknya. Bahkan di berbagai negara maju, penggunaan material bata ringan aerasi semacam ini dapat mengurangi biaya premi asuransi kebakaran dari perusahaan-perusahaan tertentu.

Berikut ini adalah 10 karakteristik yang menjadikan material bahan bangunan ini sangat direkomendasikan sebagai pengganti bata merah konvensional:

1. BOBOT LEBIH RINGAN

Bata Ringan  adalah material bahan bangunan yang ringan dan dapat digunakan sebagai dinding pengisi. Bata ringan  memiliki struktur yang homogen dan bobotnya yang ringan, produk BLESSCON dapat mengurangi gaya-gaya yang ditimbulkan oleh gempa dan mengurangi beban yang harus dipikul oleh struktur. Bobot ringan ini mempermudah dalam hal penanganan dan transportasi produk. Di samping itu produk BLESSCON adalah produk yang solid, lebih homogen dan lebih mudah dalam pemasangan.

2. DAYA SERAP AIR RENDAH

Meski komposisi BLESSCON sebagian besar terdiri atas pori-pori, hal ini tidak menjadikan BLESSCON mudah menyerap air. Proses Steam Curing yang dilakukan dalam proses produksi mengakibatkan struktur pori pada material ini mengkristal. Hasilnya adalah satu pori dengan pori lain memiliki kekedapan yang cukup tinggi. Maka proses penyerapan air hanya akan terjadi pada lapisan terluar. Setelah itu lapisan tersebut akan menjadi pelindung bagi penyerapan air selanjutnya.

3. TAHAN TERHADAP API DAN PANAS

BLESSCON adalah material yang non-combustible (tidak mudah terbakar) dan karena memiliki konduktivitas panas yang rendah, dan aliran panas pada material ini sangat kecil. BLESSCON memiliki ketahanan yang baik terhadap kebakaran. BLESSCON bahkan dapat digunakan untuk melindungi material lain. Karena itu di berbagai negara maju, penggunaan material beton ringan aerasi semacam ini dapat mengurangi biaya premi asuransi kebakaran, serta direkomendasikan untuk penyekat ruang-ruang pengolahan dan penyimpanan data seperti ruang komputer dan ruang arsip karena ketahanannya terhadap kebakaran.

4. PEMASANGAN MUDAH DAN CEPAT

Ukuran BLESSCON lebih besar daripada bata merah konvensional. Ukuran membuat pemasangan bata ringan BLESSCON lebih mudah dan cepat. Dengan menggunakan bata ringan Anda bisa hemat waktu hingga 3x lebih cepat jika dibandingkan menggunakan bata merah.

5. RESISTENSI TERHADAP TEKANAN

BLESSCON memiliki kuat Tekan ≥ 4.00 N/mm² pada berat jenis kering 600 kg/m³. Bila dicermati dari beratnya, maka material ini relatif memiliki kekuatan yang tinggi. Sangat sedikit bahan bangunan lain yang dapat mencapai tingkat ini.

6. INSULATOR SUARA YANG LEBIH BAIK

Material bahan bangunan ini merupakan insulator suara yang lebih baik dibandingkan dengan bahan bangunan yang lain. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa BLESSCON memberikan insulasi suara yang baik yaitu di angka 34-52 dB sedangkan bata merah di angka 30-46 dB.

7. PRESISI

Bahan baku standar internasional dan mutu proses produksi menjamin BLESSCON memiliki ukuran yang akurat dengan toleransi ukuran panjang ± 2 mm, tinggi ± 2 mm, lebar ± 2 mm. Akurasi dan keseragaman ukuran ini akan mempermudah pelaksanaan pekerjaan di lapangan dan hasil akhir yang lebih rapi. Tingkat presisi tinggi ini juga memungkinkan penggunaan perekat yang tipis yaitu cukup setebal 2 – 3 mm dan memungkinkan finishing dengan cara langsung diaci tanpa plesteran.

8. RAMAH LINGKUNGAN

BLESSCON adalah produk yang ramah lingkungan, tidak beracun dan tidak berbahaya. Material yang digunakan tidak dapat dijadikan tempat tinggal bagi kutu, serangga dan hewan sejenis lainnya.

9. EKNOMIS

BLESSCON memiliki harga yang lebih murah daripada bata merah sampai 30% dengan luasan yang sama.

10. DAYA TAHAN TINGGI TERHADAP GEMPA BUMI

Perencanaan gaya lateral yang bekerja pada suatu bangunan karena gempa sebagian besar ditentukan oleh massa (berat) bangunan dan percepatan gerak tanah akibat gempa. Secara sederhana gaya lateral gempa yang bekerja pada suatu bangunan didasarkan pada rumusan terkenal Newton. Massa (berat) dinding yang jauh lebih ringan daripada bata merah membuat struktur bangunan utama tidak dibebani berat yang terlalu besar. Ketika terjadi gempa, struktur bangunan akan dapat lebih kuat mempertahankan posisinya. Jika struktur bangunan lebih kuat, potensi untuk bangunan roboh menjadi lebih kecil.

Share via
Copy link