Mengenal Gempa dan Solusinya

Bagikan ini:

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Negara kita Indonesia adalah salah satu negara yang sering mengalami bencana yang satu ini. Indonesia berada dalam jalur Ring of Fire atau rentetan gunung berapi dan juga dilalui oleh jalur pertemuan antara 3 lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik sehingga sangat berpotensi terjadi gempa bumi setiap saat. Oleh karena itu kita harus paham tentang bencana ini agar kita bisa terhindar dari bencana ini.

Macam gempa bumi berdasarkan penyebabnya:

1. Gempa bumi Tektonik

Gempa Bumi tektonik adalah gempa Bumi yang diakibatkan oleh pergeseran lempeng bumi. Gempa ini mempunyai kekuatan getaran sangat kecil bahkan bisa menjadi sangat besar. Apabila gempa tektonik terjadi di daerah perairan (laut) maka besar kemungkinan akan menimbulkan bencana Tsunami.

2. Gempa bumi Vulkanik

Gempa Bumi vulkanik terjadi karena adanya pergerakan magma yang terdapat pada gunung berapi. Biasanya gempa jenis ini terjadi saat gunung dalam keadaan aktif dan beberapa saat sebelum gunung meletus. Terjadinya gempa vulkanik dikarenakan adanya tekanan gas yang sangat besar pada bagian sumbatan kawah.

3. Gempa bumi Tumbukan

Faktor utama pemicu terjadinya gempa jenis ini adalah adanya meteor dan asteroid yang jatuh di permukaan bumi. Getaran disebabkan oleh meteor yang secara tiba-tiba menabrak bagian permukaan bumi dengan keras. Akan tetapi gempa bumi jenis ini jarang kita temui pada jaman sekarang.

Oleh karena lokasi geografis Indonesia berpotensi gempa, maka sangat penting bagi kita untuk membangun bangunan yang tahan gempa. Pemerintah sebenarnya sudah memiliki standar bangunan tahan gempa. Dengan bahan yang ringan namun tetap berkualitas, bangunan akan lebih kokoh saat terjadi gempa.

#blesscon #bataringan #gempa #bangunantahangempa #membangunindonesia

Bagikan ini: