MINDSET HIDUP HEMAT

Terkadang hidup Anda menjadi susah karena pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan. Mungkin Anda mulai berpikir untuk menjadi seorang yang hemat agar hidup lebih nyaman. Hidup hemat tak semudah yang dibayangkan jika mindset yang kita miliki masih membawa kita untuk hidup boros. Berikut adalah beberapa mindset yang perlu kamu terapkan agar bisa hidup hemat:

1. Buat Kebiasaan Baru yang Murah

Jika waktu membangun rumah Anda biasanya menggunakan bata merah, mulai ganti kebiasaan tersebut dengan menggunakan bata ringan yang biaya pembangunannya lebih murah daripada bata merah. Anda bisa menghemat waktu, tenaga dan lebih efisien dalam pengerjaannya.

2. Hidup sesuai kebutuhan dan sesuai kemampuan 

Melihat hidup orang lain bergelimang harta memang selalu bikin iri. Anda bisa seperti itu, asal mulai saat ini membiasakan diri untuk hidup sesuai kemampuan dan kebutuhan. Jangan melenceng dari perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.


3. Jauhkan rasa ingin mengesankan orang lain

Jangan pernah merasa selalu ingin membuat orang terkesan dengan apa yang Anda miliki. Keinginan untuk membuat orang lain terkesan selalu menjerumuskan kepada keinginan yang lebih besar yang tidak ada ujungnya. Ubah mindset tersebut. Lebih baik hidup sederhana berkecukupan ketimbang terkesan kaya raya tetapi sebetulnya hidup anda kekurangan.


4. Tetap hemat, tapi jangan pelit

Meski Anda sedang berhemat, bukan berarti Anda pelit. Berbagi dengan sesama juga diperlukan. Ada pepatah yang mengatakan tangan di bawah jauh lebih baik dari tangan di atas. Anda tidak mungkin jatuh miskin kalau berbagi dengan seseorang yang membutuhkan dan hidup jauh di bawah kondisi keuangan Anda.


5. Hasilkan pemasukan dari barang yang dimiliki

Anda punya kendaraan baru, ada baiknya jika digunakan untuk mencari penghasilan tambahan. Atau Anda punya laptop baru, bisa juga digunakan untuk bekerja sebagai penulis atau lainnya. Jangan biarkan barang-barang di dalam rumah menumpuk. Pergunakan mereka sebaik mungkin untuk menambah saldo keuanganmu.

Nah, mindset seperti ini akan membuat hidup Anda lebih nyaman. Hal itu berguna untuk menghindari hidup boros dan tak punya tabungan di masa depan. Jadi, jangan lagi hambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu yah!

Share via
Copy link